Tujuan Anugerah GTK 2025

1. Memberikan penghargaan kepada Tokoh Masyarakat dan GTK yang konsisten menunjukkan komitmen, inovasi, dan dedikasi melalui praktik terbaik sesuai perannya secara berkelanjutan yang berdampak nyata bagi murid, lingkungan belajar, komunitas sekolah, dan masyarakat atas kontribusi transformatif yang memperkuat kemajuan pendidikan

2. Menumbuhkan semangat kebanggaan, keteladanan, profesionalisme, GTK dalam mendukung terwujudnya pendidikan yang bermutu untuk semua dan relevan dengan tuntutan zaman.


Prinsip Anugerah GTK 2025

1. Objektif

Penilaian didasarkan pada data, bukti nyata, dan capaian kinerja GTK, bukan pada preferensi atau kedekatan tertentu, bebas konflik kepentingan, dan adil.

2. Profesional

Seluruh pihak yang terlibat melaksanakan peran dan tanggung jawab sesuai kompetensi, integritas dan etika kerja sesuai pedoman.

3. Transparan

Seluruh proses pengusulan, seleksi dan penilaian dilakukan dengan kriteria yang jelas.

4. Akuntabel

Tahapan pelaksanaan dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi administrasi maupun substansi penilaian.

5. Komprehensif

Mencakup seluruh aspek praktik baik GTK yang relevan di bidang pendidikan.

6. Efektif dan Efisien

Berorientasi pada hasil yang berdampak nyata dan hemat sumber daya, waktu, dan biaya.

7. Inklusif

Memberikan kesempatan yang setara bagi seluruh GTK tanpa diskriminasi, dengan menghargai keberagaman konteks, daerah, dan satuan pendidikan.

8. Berorientasi Dampak

Menekankan pada praktik baik yang berkesinambungan dan memberikan perubahan nyata terhadap mutu pembelajaran/pendidikan, tata kelola pendidikan, dan ekosistem pendidikan.

9. Inspiratif dan Teladan

Hasil program diharapkan melahirkan figur GTK yang mampu menjadi panutan dan sumber inspirasi bagi komunitas pendidikan secara luas.


Harapan Anugerah GTK 2025

  • 1.Terselenggaranya pemberian anugerah kepada Tokoh Masyarakat dan GTK yang konsisten menunjukkan keteladanan, komitmen, dedikasi, kreatif, dan inovatif, serta dedikasi melalui praktik terbaiknya di bidang pendidikan secara berkelanjutan yang berdampak nyata bagi murid, lingkungan belajar, komunitas sekolah, dan masyarakat atas kontribusi transformatif yang memperkuat kemajuan pendidikan.

  • 2.Terpilihnya Tokoh Masyarakat dan GTK yang memberikan dampak nyata bagi lingkungan belajar, murid, komunitas sekolah, dan masyarakat sehingga mampu menjadi inspirasi dalam menghadirkan layanan pendidikan yang bermutu untuk semua, merata, dan berorientasi pada berkelanjutan.