Tujuan Anugerah GTK 2025
1. Memberikan penghargaan kepada Tokoh Masyarakat dan GTK yang konsisten menunjukkan komitmen, inovasi, dan dedikasi melalui praktik terbaik sesuai perannya secara berkelanjutan yang berdampak nyata bagi murid, lingkungan belajar, komunitas sekolah, dan masyarakat atas kontribusi transformatif yang memperkuat kemajuan pendidikan
2. Menumbuhkan semangat kebanggaan, keteladanan, profesionalisme, GTK dalam mendukung terwujudnya pendidikan yang bermutu untuk semua dan relevan dengan tuntutan zaman.
Prinsip Anugerah GTK 2025
1. Objektif
Penilaian didasarkan pada data, bukti nyata, dan capaian kinerja GTK, bukan pada preferensi atau kedekatan tertentu, bebas konflik kepentingan, dan adil.
2. Profesional
Seluruh pihak yang terlibat melaksanakan peran dan tanggung jawab sesuai kompetensi, integritas dan etika kerja sesuai pedoman.
3. Transparan
Seluruh proses pengusulan, seleksi dan penilaian dilakukan dengan kriteria yang jelas.
4. Akuntabel
Tahapan pelaksanaan dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi administrasi maupun substansi penilaian.
5. Komprehensif
Mencakup seluruh aspek praktik baik GTK yang relevan di bidang pendidikan.
6. Efektif dan Efisien
Berorientasi pada hasil yang berdampak nyata dan hemat sumber daya, waktu, dan biaya.
7. Inklusif
Memberikan kesempatan yang setara bagi seluruh GTK tanpa diskriminasi, dengan menghargai keberagaman konteks, daerah, dan satuan pendidikan.
8. Berorientasi Dampak
Menekankan pada praktik baik yang berkesinambungan dan memberikan perubahan nyata terhadap mutu pembelajaran/pendidikan, tata kelola pendidikan, dan ekosistem pendidikan.
9. Inspiratif dan Teladan
Hasil program diharapkan melahirkan figur GTK yang mampu menjadi panutan dan sumber inspirasi bagi komunitas pendidikan secara luas.
Harapan Anugerah GTK 2025
|
|